Calon Ketua Umum Arsjad Rasjid Wajibkan Kadin Indonesia Berpartner dengan Pemerintah

Arsjad Rasjid/Poskota

Jakarta, citynews.id – Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) Arsjad Rasjid menyebut, langkah mendorong perekonomian di Daerah dan Nasional adalah dengan melibatkan Kadin dalam setiap keputusan ekonomi yang dibuat.

Menurut Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional ini, Kadin Indonesia harus ikut serta memberikan masukan pada penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Karena Kadin adalah sebagai partner Pemerintah. Jadi, Kadin tidak semata menjadi objek regulasi yang dikeluarkan Pemerintah,” tutur Arsjad Rasjid, di Jakarta, Kamis (06/05/2021).

Keseriusan Arsjad Rasjid ini pun telah dituangkan dalam Program Kerjanya, yang menyatakan, Kadin menjadi Mitra  Pemerintah Daerah, yang akan ikut memberikan masukan dalam penyusunan APBD. Serta menjadi Asosiasi Mitra dari BUMN dan BUMD dalam mengeksekusi APBN. 

Lebih lanjut Direktur Utama PT Indika Energi Tbk ini menekankan, Kadin juga dapat membantu pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sehingga, Kadin dan Pemerintah harus berjalan beriringan, agar kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah lebih tepat sasaran dan efisien,” ujar Arsjad Rasjid.

Arsjad juga mengatakan, jikalau Kadin diibaratkan Perusahaan, maka seluruh Kadin Daerah dan Asosiasi adalah pemegang sahamnya.

“Tugas kita sebagai Kadin Nasional adalah menciptakan values bagi para Pemegang Saham tersebut. Kadin Daerah yang tahu apa isu lokalnya, Asosiasi yang mengerti industrinya. Ini yang harus kita kombinasikan,” jelas Arsjad Rasjid.

Arsjad berharap, ke depannya Pengurus Kadin Pusat dan Daerah harus senantiasa berjalan beriringan bersama Pemerintah. Dan, Arsjad terus mengingatkan agar semua pihak saling membantu demi mewujudkan kesejahteraan para pelaku UMKM.

Siswaryudi Heru

Senada dengan Arsjad Rasjid, Wakil Ketua Komite Tetap Hubungan Antar Lembaga Dewan Pengurus Pusat Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Wakomtap Kadin), Siswaryudi Heru mendukung langkah dan program yang dibuat oleh Calon Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid itu.

“Semua itu bisa terwujud dan diwujudkan hanya oleh Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026,” ujar Siswaryudi Heru.

Sedangkan untuk suksesi yang akan digelar pada awal Juni 2021 di Bali, Siswaryudi Heru menyebut, Tim Calon Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid sedang dalam kesibukan yang luar biasa.

Buktinya, lanjut Siswaryudi Heru yang juga Ketua Perikanan dan Nelayan Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT) ini, meski masih dalam situasi pandemi, tidak membuat Tim Calon Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid mengurangi kegiatan-kegiatan yang positif.

Beriringan dengan pandemi yang belum juga usai, kata dia, setiap kali ada acara yang melibatkan lebih dari 5 orang, Tim Calon Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid selalu mengikuti anjuran Pemerintah dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

“Dalam melakukan berbagai kegiatan dan persiapan, Tim selalu menerapkan Prokes. Selain mengurangi penyebaran Covid-19, itu juga agar para anggota Kadin dan Asosiasi di bawah Kadin semua selalu sehat,” ujar Siswaryudi Heru.

Selain itu, Siswaryudi Heru juga mengingatkan, bahwa Arsjad Rasjid juga pernah menegaskan untuk selalu siap berkolaborasi dengan Pemerintah dalam memulihkan kesehatan dan ekonomi di era pandemi Covid-19.

“Jangka pendek memulihkannya dengan namanya program vaksinasi. Tapi yang utama adalah bagaimana kita bisa membangun industri kesehatan, karena tanpa disadari, misalnya, masker saja kita impor,” katanya mengutip Arsjad.

Pada awal pandemi Corona melanda Indonesia, lanjutnya, negara luar tidak mau mengimporkan masker ke Indonesia. Demikian juga dengan obat-obatan dan alat kesehatannya.

“Jadi kita harus membangun industri kesehatan. Ini akan menjadi peluang usaha kecil hingga menengah dan menciptakan lapangan pekerjaan. Ekonomi Nasional bisa sukses bilamana daerah juga sukses,” lanjutnya.

Oleh karena sikap Arsjad Rasjid itu, Siswaryudi Heru menyampaikan, sosok yang paling tepat untuk memimpin Kadin Indonesia 2021-2026 adalah Arsjad Rasjid.

“Jadi, Arsjad Rasjid layak memimpin Kadin 2021-2025,”  tandas Siswaryudi Heru yang merupakan anggota Kadin itu. [Jon]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*