Diplomasi Cendol Warnai Kunjungan Kerja Menlu Inggris ke Kota Bogor

Diplomasi

Bogor, Jawa Barat, Citynews.id – Diplomasi Cendol warnai kunjungan kerja Menlu Inggris Elizabeth Truss ke Kota Bogor, ternyata menjadikan obrolan antara kedua belah pihak pun menjadi lebih cair

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss di Gedung Creative Center, Kota Bogor.

Unik dan menarik karena jajanan khas Indonesia dari Kota Bandung cendol elizabeth menjadi jamuan istimewa dalam bincang antara Pemda Provinsi Jabar dan Pemerintah Inggris.

Baca Juga: Gubernur Olly Bersama Kepala BNN RI Hadiri Launching Terobosan Kreatif BNNP Sulut

“Kami sangat berbangga dan dapat kehormatan kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss, dan yang paling istimewa beliau senang sekali meminum cendol itu yang utama. Ternyata ada cendol elizabeth yang terkenal di Jabar dan nama beliau adalah Elizabeth,” ujar Ridwan Kamil.

Elizabeth memang menjadi nama yang umum di Britania Raya termasuk itu juga menjadi nama Ratu Inggris.

Diplomasi bilateral dengan jajanan khas Jabar tersebut ternyata menjadikan obrolan antara kedua belah pihak pun menjadi lebih cair.

Buka Restoran di London Dengan Menu Cendol

Selepas pertemuan Gubernur membeberkan permintaan Menlu Inggris yang menawarkan untuk membuka restoran di London dengan menu es  cendol.

“Jadi beliau meminta kalau bisa buka restoran di London ada cendolnya lah itu tentang diplomasi cendolnya,” ujar kang Emil.

Diplomasi model seperti ini kerap dilakukan Gubernur Ridwan Kamil. Sebelum cendol elizabeth, kopi kerap dipakai Ridwan Kamil dalam berbagai kunjungan kerja ke luar negeri sebelum pandemi bahkan hingga saat ini melalui pertemuan virtual.

Baca Juga: I Gde Hartadi: OJK dan BPR Butuh Kesamaan Visi

Diplomasi kopi efektif menggaet kerja sama bisnis, budaya, dan pemerintahan. Pada Februari 2020, Gubernur meluncurkan Kafe Jabarno di 555 Flinders Lane, Kota Melbourne, negara bagian Victoria, Australia.

READ  Wali Kota Bandung Ingatkan Media Pegang Teguh Kode Etik Jurnalistik

Mei lalu Ridwan Kamil sukses menjadikan batik sebagai alat diplomasi yang efektif ketika menyatukan Indonesia – Korea Selatan di mana artis K- Pop Leetuk dan Yeesung Super Junior berpose mengenakan batik rancangan Ridwan Kamil dan membuat ramai pemberitaan di kedua negara. [PemprovJabar]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Website Protected by Spam Master