Ekonomi Jawa Tengah Tumbuh Positif pada Angka 5,66 Persen

Ekonomi Jawa Tengah

Semarang, citynews.id – Ekonomi Jawa Tengah setelah sempat minus di angka -5,91 persen pada kuartal kedua 2020, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah mulai berangsur membaik. Untuk kali pertama setelah hantaman pandemi, ekonomi Jateng tumbuh positif di angka 5,66 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah merilis, pertumbuhan ekonomi Jateng kuartal kedua 2021 positif di angka 5,56 persen. Angka ini naik dibanding kuartal pertama 2021 yang masih minus -0,84 persen.

Baca Juga: Menparekraf Ajak Dosen dan Mahasiswa Universitas Terbuka Bantu Pulihkan Parekraf

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memyampaikan, menurut BPS, pertumbuhan ekonomi Jateng didorong oleh berbagai sektor. Dari sisi produksi, pertumbuhan ekonomi Jateng didorong oleh hampir semua lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi dari transportasi dan pergudangan yang tumbuh sebesar 85,43 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, komponen yang mengalami kenaikan paling tinggi terjadi pada komponen ekspor sebesar 34,43 persen.

Selain itu, lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib mencatat pertumbuhan tertinggi yakni 13,13 persen. Di sisi pengeluaran, seluruh komponen tumbuh positif dimana komponen pengeluaran konsumsi pemerintah mengalami pertumbuhan paling tinggi yakni 31,45 persen.

READ  Gubernur Kalbar Hadiri Rakor Percepatan Realisasi APBD 2021

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*