Gubernur Edy Rahmayadi Minta Pemkab Toba Genjot Serapan Anggaran

Gubernur

Medan, Sumatera Utara, Citynews.idGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba untuk melakukan percepatan serapan anggaran.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba untuk melakukan percepatan serapan anggaran karena hingga September 2021, realisasi belanja daerah Kabupaten Toba baru mencapai 45%.

Menurut Gubernur, serapan anggaran yang tinggi akan membuat perputaran ekonomi di daerah semakin meningkat. “Itu uang rakyat, rakyat perlu ini, jangan disimpan,” kata Gubernur, saat memberi arahan kepada pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Toba, para camat dan kepala desa, serta Kepala SMA/SMK se-Kabupaten Toba, di SMA DEL, Laguboti, Kabupaten Toba, Rabu (22/9).

Baca Juga: Menparekraf Apresiasi Desa Wisata Tamansari Banyuwangi Kedepankan Pelestarian Budaya dan Lingkungan

Gubernur menyarankan, ke depan agar anggaran cepat terserap maka lakukan lelang di awal tahun. Sehingga  pengerjaan seperti proyek fisik dan lainnya dapat cepat selesai. “Kalau sudah tinggal tiga bulan lagi bagaimana? Januari itu harusnya tender, ” kata Gubernur.

Menurut Gubernur, ada beberapa poin penting mengenai apa yang harus jadi prioritas Kabupaten Toba. Di antaranya infrasturktur, pertanian dan kesiapan destinasi wisata super prioritas. Daerah ini juga cocok sebagai pendukung logistik pangan di Sumut. “Posisi Toba, dia sebagai pendukung logistik, ini yang harus kita siapkan, ” kata Edy Rahmayadi.

Kepala Desa Harus Kreatif

Selain itu, Edy juga menyampaikan, Toba juga harus mempersiapkan diri menyambut kedatangan para turis apabila pandemi sudah reda. Sehingga apabila turis datang akan merasa nyaman, dengan harapan mereka akan kembali atau paling tidak menghabiskan waktu yang lama di tempat yang dikunjungi. “Kalau tak nyaman orang, tak mau dia datang lagi, ” katanya.

READ  Polri Koordinasi Kementerian/Lembaga Terkait Dugaan Hacker Data

Selain itu, Edy meminta agar para kepala desa kreatif. Kepala desa, kata Gubernur bisa memanfaatkan dana desa untuk berbagai keperluan terutama yang inovatif. Mulai dari peternakan, pertanian hingga pariwisata.

“Potensi yang ada di desa itu diangkat, kalau cocok peternakan kembangkan peternakan, kalau cocok pertanian kembangkan pertanian, kalau wisata ya wisata, ayo kepala desa berbuat, ” ujarnya.

Sementara kepada para kepala sekolah, Edy mengharapkan agar mereka memberikan yang terbaik pada profesinya, khususnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Sumut. “Kepala sekolah terus lakukan yang terbaik untuk memajukan anak-anak Sumut,” katanya.

Baca Juga: Resmikan Rusun Pasar Rumput, Presiden: Permudah Aktivitas Ekonomi Masyarakat

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menyerahkan bantuan kepada Pemkab Toba untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat. Di antaranya Bantuan Operasional Pendidikan senilai Rp194 juta, alat pertanian, bantuan usaha bagi UMKM dan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19.

Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan apresiasinya atas kedatangan Gubernur Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, dan memberikan arahan kepada jajaran Pemkab  Toba, camat, kepala desa hingga kepala SMA/SMK se-Kabupaten Toba. “Terima kasih atas perhatian dan dukungan Bapak kepada Toba, semoga kedatangan dapat bermanfaat bagi kami, ” ujar Poltak.

Turut mendampingi Gubernur, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Binsar Situmorang, Kepala Biro Umum Mahfullah Pratama Daulay, Kepala Dinas Kehutanan Herianto, Kepala Dinas BMBK Bambang Pardede, serta pejabat lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*