Gubernur Jawa Barat Siap Kerjasama dengan Pangdam Baru Lawan COVID-19

Gubernur Jawa Barat

Jakarta, Citynews.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil siap bekerja sama dengan Pangdam III/Siliwangi yang baru dalam wadah forkopimda untuk menanggulangi COVID-19.

Demikian dikatakannya saat menghadiri pisah sambut Pangdam III/Siliwangi di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Menko Perekonomian Pimpin Rakorev PPKM serta Monitoring Penanganan

Telah paripurna tugas Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan tempatnya sebagai Pangdam III/Siliwangi kini ditempati Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Gubernur mengapresiasi kebersamaan dengan Mayjen Budi Wiryanto selama 22 bulan. Menjabat sebagai Pangdam sejak November 2019, lima bulan kemudian atau Maret 2020 sama- sama bekerja menghadapi COVID-19.

Untuk selanjutnya Mayjen Budi akan mengemban tugas baru sebagai Wakil Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat di Markas Besar Angkatan Darat.

Kabar baik

“Alhamdulillah berkat kerja beliau dan kekompakan kami semua,  minggu ini di Jabar tidak ada lagi kabupaten/kota risiko tinggi atau zona merah,” ujar Ridwan Kamil dalam sambutannya.

“Berita baiknya BOR hari ini di 24 persen, menjadi keterisian rumah sakit terendah dalam sejarah pandemi COVID-19 di Jabar,” tambahnya.

Baca Juga: TNI AL Laksanakan Serbuan Vaksinasi Ke Pondok Pesantren di Banten

Gubernur Jawa Barat itu kemudian mengucapkan selamat datang kepada Pangdam yang baru. Secara emosional Ridwan Kamil merasa sudah akrab dengan Mayjen Agus Subiyanto karena sama- sama lahir di Jawa Barat. Diketahui Agus lahir di Pangandaran dan besar di Kota Cimahi. Agus juga pernah menjabat sebagai Komandan Paspampres. Selanjutnya, posisi Danpaspampres yang ditinggalkan Agus, diisi oleh Brigjen TNI Tri Budi Utomo.

Agus merupakan lulusan Akademi Militer 1992 yang berpengalaman dalam bidang infanteri. Ia juga pernah bertugas di Kopassus yang identik dengan baret merah. Sebelum menjadi Pangdam III/Siliwangi, sosok Agus Subiyanto ditunjuk menjadi Danpaspampres pada 18 November 2020.

READ  Kementerian PUPR Mulai Menata Kawasan Suci Pura Besakih di Bali

Belum genap setahun menjabat, ia dimutasi menjadi Panglima Kodam III/Siliwangi yang baru menggantikan Mayjen TNI Nugroho Budi Wiyanto. Sebelum menjadi Danpaspampres, ia menjabat sebagai Danrem 061/Suryakancana yang membawahi Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, pada 2020. Agus diketahui pernah menjadi Dandim Kota Solo pada 2009.

Bersama Mayjen Agus, Gubernur berharap pandemi dapat cepat ditanggulangi.“Kami kedatangan beliau ketika pandemi belum selesai, ada panggilan tugas membantu menyelesaikan COVID-19 di luar tupoksi rutin beliau,” katanya.

Acara pisah sambut Pangdam III/Siliwangi dilakukan sederhana dan dengan protokol kesehatan ketat.  [PemprovJabar]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*