Gubernur Olly Bersama Forkopimda Dampingi Menteri KP Kunjungi Miangas

Gubernur Olly

Talaud, Sulawesi Utara, Citynews.idGubernur Olly Dondokambey bersama Forkopimda Sulut mendampingi Menteri Wahyu Trenggono melakukan kunjungan di daerah perbatasan Pulau Miangas, Selasa (5/10/2021).

Pulau Miangas masuk dalam kategori wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) yang merupakan pulau yang terletak paling utara di Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina. Pulau Miangas memiliki luas 3.2 km2 dan berpenduduk 763 jiwa dan mayoritas penduduknya etnik Suku Talaud dan berada di bagian paling utara Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terletak di Kabupaten Kepulauan Talaud, berhadapan langsung dengan perbatasan Negara tetangga Filipina.

Baca Juga: BIN Gelar Vaksinasi Massal Dan Luncurkan TangkalCovid-19.ID

Perkampungan warga yang terdiri atas tiga lorong terletak di sisi selatan pulau. Jumlah rumah pun hanya ratusan. Adapun Bandara Miangas telah dibangun di sisi barat laut pulau. Selain dua wilayah itu, daratan Miangas menjadi belantara pohon kelapa dan pepohonan ataupun tumbuhan lain.

Gubernur Olly

Sama halnya dengan masyarakat pesisir pada umumnya, penduduk Desa Miangas juga mengandalkan kekayaan laut untuk menyambung kehidupan mereka hari demi hari. Sebagian warga Miangas adalah nelayan. Ada warga yang lebih suka mencari ikan dengan jaring di dekat pantai. Namun, ikan yang besar seperti cakalang hanya ada di laut dalam. Sebagian besar nelayan pun memilih pergi ke tengah laut demi mengail rezeki. Mereka mengandalkan perahu kayu yang bercadik atau lebih dikenal sebagai pumpboat.

Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan kali ini didampingi Gubernur Olly  dimulai dari Pulau Miangas diawali di Pos TNI AL (Posal), dilanjutkan meninjau keberadaan perahu-perahu masyarakat nelayan Pulau Miangas yang berada di tepian pantai dan diakhiri dengan melihat keberadaan Tugu KM.0 Utara NKRI.

Baca Juga: Presiden Apresiasi Peran Besar TNI dalam Keberhasilan Penanganan Pandemi

READ  Ganjar Jadi Penyiar, Pendengar Minta Tips Cinta Sampai Laporan Pungli

Setelah dari Miangas, Menteri beserta rombongan melanjutkan tugas ke Biak, Papua Barat dari Bandara Sam Ratulangi Manado.

Sebelumnya, Menteri berkesempatan meninjau beberapa tempat di Bitung diantaranya Politeknik KP, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan serta Pangkalan PSDKP.

Turut hadir Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei Frangky Mamahit dan Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana. [Pemprov Sulut]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*