Gubernur Sulut: Ekonomi Sulut Terbang, Tertinggi Sejak Pandemi

Gubernur Sulut

Jakarta, citynews.id – Di bawah Kepemimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, kendati di era pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara mampu terbang tinggi melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.

Terbukti, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut pada Kamis (5/8/2021) mencatat data ekonomi Sulut pada triwulan II-2021 tumbuh 8,49 persen secara tahunan (year on year/yoy). Pencapaian ini jauh lebih tinggi dari pertumbuhan rata-rata ekonomi Indonesia triwulan II-2021 sebesar 7,07 persen (yoy).

Baca Juga: Dialog dengan Rektor PTN/PTS se-Indonesia, Menko Polhukam: Kritik Tetap Dibutuhkan di Masa Pandemi

Sebelumnya, ekonomi Sulut tumbuh 1,87 persen pada triwulan I-2021. Sementara pada triwulan II-2020, ekonomi Sulut harus mengalami kontraksi hingga minus 3,84 persen.

Dari sisi produksi, hampir seluruh lapangan usaha di Sulut mengalami pertumbuhan positif pada triwulan II-2021 dengan pertumbuhan paling signifikan dialami oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum, yakni sebesar 70,62 persen, ditambahkan Gubernur Sulut tersebut.

Adapun dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen pengeluaran pembentukan modal tetap bruto yakni sebesar 14,76 persen.

READ  Kunjungan Kerja ke Jawa Tengah, Presiden Akan Tinjau Vaksinasi hingga Hadiri Pertemuan Majelis Rektor

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*