Kabupaten Sumba Timur Satu-satunya di Indonesia, PPKM Turun 2 Level Sekaligus

Kabupaten Sumba Timur

Sumba Timur, NTT, Citynews.id – Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi satu-satunya wilayah di Indonesia yang mengalami penurunan dua level PPKM sekaligus. Kabupaten ini sebelumnya ditetapkan wajib menerapkan PPKM level 4.

Namun sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 41 Tahun 2021, Sumba Timur turun ke PPKM level 2, terhitung mulai Selasa (7/9/2021) kemarin.

Baca Juga: Kolonel Inf Enjang, S.I.P. Resmi Jabat Kapendam IV/Diponegoro

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Sumba Timur Letkol Czi Dwi Joko Siswanto mengatakan, penurunan level ini menjadi hal yang positif dalam langkah penanganan Covid-19. Angka kasus harian juga menurun drastis berkat kerja keras semua elemen yang terlibat termasuk dukungan masyarakat.

Pihaknya menjelaskan, indikator turunnya level berdasarkan tingkat bed occupancy rate (BOR) hingga 18 persen. Selain itu peingkatan angka kesembuhan hingga 90 persen dan kasus kematian stagnan di 2 persen.

Suksesnya Penerapan Isoter

Kemudian faktor yang tak bisa ditepikan yakni suksesnya penerapan isolasi terpusat (Isoter).

“Isoter di sini dilakukan dalam dua metode yaitu berbasis lokasi dan pola,” ujar Dwi Joko yang juga merupakan Dandim Sumba Timur, Selasa (7/9/2021).

Menurutnya, isoter dilakukan dengan menerapkan konsep tracing dan testing terpadu oleh tim satgas dari unsur Dinas Kesehatan, Babinsa dan Babinkamtibmas juga Satpol PP serta aparat desa.

Baca Juga: Ketua NPC Indonesia: Campur Tangan Menpora Membuahkan Hasil

“Penanganan kami lakukan secara komprehensif. Setelah tracing berhasil ditindaklanjuti dengan testing lalu langsung dipisahkan untuk Isoter,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan peluncuran bansos beras sebanyak 20 ton untuk warga Kabupaten Sumba Timur yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan beras dari Kodam IX/Udayanana dan Korem 161/Wira Sakti itu menyasar hingga Pulau Salura, wilayah terluar yang berbatasan laut langsung dengan Australia.

READ  Presiden RI Joko Widodo Resmikan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo

Di pulau ini disalurkan bantuan beras sebanyak 1 ton. Seminggu silam di lokasi ini juga telah disalurkan bantuan beras sebanyak 500 kilogram. (Kodim 1601/Sumba Timur). [DispendamUdayana]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*