Kemensos dan BRSLU Budhi Dharma Serahkan Kursi Roda, Serindo Banten Apresiasi Pelayanan Lansia

Banten, citynews.id – Dewan Pimpinan Daerah Serikat Rakyat Indonesia Provinsi Banten (DPD Serindo Banten) mengapresiasi pelayanan Kementerian Sosial (Kemensos) dan Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi kepada warga kurang mampu, melalui pemberian kursi roda bagi warga lanjut usia (Lansia) yang sangat membutuhkan.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Serikat Rakyat Indonesia Provinsi Banten (DPD Serindo Banten), Besli Pengaribuan menyampaikan, warga yang diadvokasinya memang sangat membutuhkan bantuan berupa kursi roda.

Setelah menyampaikan kondisi itu ke pihak Kementerian Sosial (Kemensos) dan Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi, tim segera turun dan menyerahkan kursi roda itu kepada seorang warga lansia di RT 009/RW 02, Kelurahan Pondok Bahar, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Provinsi Banten, pada Rabu (06/01/2021).

“Kami mengapreasiasi kesigapan Tim dari Kemensos, bersama Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi dan DPD Serindo Provinsi Baten, yang turun langsung menyerahkan bantuan berupa kursi roda kepada warga lansia yang kurang mampu,” tutur Besli Pangaribuan, usai penyerahan bantuan kursi roda.

Penyerahan kursi roda itu dilakukan pada sekitar pukul 17.00 WIB, langsung ke warga lansia yang bernama Ibu Sasep (63 tahun).

Dengan menyusuri permukiman padat penduduk, dan kondisi permukiman yang sangat tidak layak, petugas Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi pimpinan Pujiyanto, yakni Ibu Massay berserta timnya, langsung menemui Ibu Sasep dan keluarganya di lokasi.

Besli menyampaikan, informasi mengenai adanya warga lansia yang sangat membutuhkan kursi roda itu disampaikan kepada Sekjen Kementerian Sosial Hartono Laras, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Kasubdit Kelembagaan dan Advokasi Sosial Direktorat Rehabilitasi Sosial Orang Dengan Kecacatan Kementerian Sosial, Ismet Syaifullah.

Ismet Syaifullah kemudian segera menindaklanjuti dengan menghubungi Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi, Pujiyanto. Dan Pujiyanto menurunkan Timnya, yakni Ibu Massay bersama anggotanya untuk bersama-sama dengan Dewan Pimpinan Daerah Serikat Rakyat Indonesia Provinsi Banten (DPD Serindo Banten) menyerahkan kursi roda tersebut.

Besli Pangaribuan mengatakan, lansia itu seharusnya bukanlah beban orang-orang di mana mereka tinggal. Mereka harusnya diperlakukan sama, untuk mengawal perjalanan bangsa ini. “Oleh karenanya mereka berhak juga untuk mendapatkan bantuan dan dibantu. Sehingga, bantuan seperti ini hendaknya jangan putus di sini saja. Pemerintah Daerah juga hendaknya melihat kebutuhan warga yang paling bawah, karena ada banyak warga seperti Ibu Sasep ini di tempat lain yang membutuhkan perhatian serius,” tutur Besli Pangaribuan.

Ketua DPD Serindo Banten, Besli Pangaribuan juga berharap, bantuan seperti ini dapat terus dilanjutkan dan tepat sasaran. “Sehingga kehadiran Negara lewat Kemensos dapat dirasakan oleh warga,” tandasnya. Senada dengan Besli, Ibu Massay dari Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi juga berharap, kepada organisasi masyarakat sipil dapat bekerja sama dengan Pemda setempat. “Untuk bersinergi dalam mencari solusi seperti yang dialamai Ibu Sasep ini di tempat lain,” ujar Massay.

Kursi roda diterima langsung oleh Ibu Sasep (63), janda yang sudah lanjut usia yang sudah lama terbaring akibat tidak ada adanya kursi roda. Hadir pada saat penyerahan kursi roda tersebut Ketua DPD Serindo Banten, Besli Pangaribuan ditemani Felix Santo, Ketua RT 009 Bapak Muradi serta dari Balai Lansia Ibu Massay dan tim.

Keluarga sangat senang atas bantuan kursi roda ini. Mereka menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah yang diwakili oleh Kemensos, khususnya Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi pimpinan Bapak Pujiyanto.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan, dukungan dan perhatian kepada orang lanjut usia seperti nenek saya ini,” tutur salah seorang cucu Ibu Sasep, yang sehari-harinya berprofesi sebagai ojol, yang menemani Tim Serindo dan Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi pimpinan Pujiyanto pada saat penyerahan kursi roda tersebut.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Ketua RT 009, Bapak Muradi kepada DPD Serindo Banten dan Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma yang meringankan beban warganya. “Semoga kursi roda ini dapat lebih bermanfaat ke depannya buat Ibu Sasep dalam menjalani hari-harinya,” ujar Ketua RT 009, Bapak Muradi. [Jon]

READ  Pandemi Masih Berlanjut, Defisit Anggaran Terus Terjadi. Pemekaran Kalteng Dikebut?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*