Menpora : Atlet Dan Offisial Positif COVID-19, PON Tetap Jalan

Menpora

Jayapura, Papua, Citynews.idMenpora menjamin bahwa walaupun Atlet dan Offisial ada yang terpapar positif COVID-19, agenda dan jadwal PON tetap berjalan normal 

Sebanyak 28 atlet, ofisial dan panitia pelaksana (panpel) yang terlibat didalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 seperti yang disampaikan dalam pernyataan resmi Satgas COVID-19 Papua. Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua Silwanus Sumule di Jayapura, Selasa (5/10/2021) malam membenarkan hal itu dihadapan para wartawan.

Bahkan menurut dia, dari data per 5 Oktober 2021 sampai dengan pukul 20.00 WIT, kasus yang tercatat sebenarnya sebanyak 29 kasus yang dilaporkan. Namun satu di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Covid-19 Melandai, Kerja Gubernur Maluku Diapresiasi

“28 kasus ini mereka masih dalam penanganan di mana kondisi kesemuanya tidak bergejala dan atau gejala ringan”

“Penanganan yahng dilakukan adalah dengan isolasi terpusat yakni pada kapal-kapal yang sudah disiapkan Satgas COVID-19 dan PB PON Papua, lalu pada rumah sakit mitra yang bekerja sama dengan PB PON Papua,” terang dia.

Sementara sebanyak 29 kasus COVID bagi atlet, ofisial dan panpel tersebut, dilaporkan terdapat di Kabupaten Mimika 13 kasus, Kabupaten Jayapura tujuh kasus, Kota Jayapura enam kasus dan Kabupaten Merauke tiga kasus.

Asal atlet, ofisial dan panpel yang dinyatakan positif COVID-19 berasal dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, NTT, Kalimantan Timur, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Jawa Barat.

“Mereka yang terkonfirmasi positif COVID-19 pun adalah orang yang sudah divaksin sebanyak dua kali,” pungkasnya.

Tracing, Test dan Teraphy

Diketahui, penanganan terhadap kasus COVID semasa pelaksanaan PON yakni, 3T atau tracing, test dan teraphy untuk di hulu. Sedangkan di hilir Satgas COVID-19 mempersiapkan sejumlah rumah sakit baik milik pemprov, pemkab atau pemkot dan mitra.

READ  Gubernur Sulteng Kukuhkan Pengurus KPA Provinsi Sulawesi Tengah

Satgas COVID-19 Papua juga memastikan dari hasil pemeriksaan lab terhadap seluruh atlet, ofisial dan panpel yang terpapar, tak ada virus varian baru corona.

Kendati demikian, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dalam kunjungannya di Jayapura menyatakan pelaksanaan pertandingan PON XX Papua tetap berjalan namun dengan peningkatan pengawasan serta penegakkan protokol kesehatan (prokes) di setiap venue.

“Pertandingan tetap berlangsung, sementara Prokes tetap terjaga (dan ditingkatkan) sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan,” tegas Menpora usai menyaksikan perlombaan menembak di Arena Menembak, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Rabu (6/10).

Menpora juga akan memanggil Panitia Pengawasan dan Pengarah (Panwasrah) dan PB PON Papua untuk membahas penanganan terkait permasalahan ini.

Baca Juga: Ke Mimika, Ganjar Disambut Kethek Ogleng Banyumasan

“Sehingga kita harap bisa meminimalisir risiko transmisi COVID-19 melalui berbagai strategi, di antaranya penegakan protokol kesehatan (Prokes) ketat,” jelas dia.

Menpora pada kesempatan itu memastikan bakal mendorong tracing guna melacak serta mengendalikan penularan virus corona semasa pelaksanaan PON.

Ia pun mengimbau masyarakat empat klaster penyelenggaraan PON agar menjalankan prokes dengan ketat guna meminimalisasi penularan. [PemprovPapua]

***

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*