Mensesneg Pratikno Temui KSAD Andika Perkasa di Mabes AD

Mensesneg

Jakarta, Citynews.idMensesneg Pratikno menemui KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes AD, pertemuan ini digelar di tengah isu pergantian Panglima TNI.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, pada Senin (11/10/2021). Pertemuan keduanya berlangsung di Markas Besar Angkatan Darat, di Jakarta.

Melalui unggahan video TNI AD, Pratikno bersama Andika Perkasa berkeliling dan melihat beberapa fasilitas dari Mabesad yang baru direnovasi.

Baca Juga: Kasad Pimpin Sertijab Asisten Logistik Kasad

Pertemuan Pratikno dengan Andika Perkasa ini digelar di tengah isu pergantian Panglima TNI. Dimana, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021, mendatang.

Staf khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini menjelaskan,  pertemuan Pratikno dan Andika hanya melihat ikan arwana dan taman-taman yang ada di Mabesad.

“Jadi Kedatangan Pak Mensesneg ke Mabes AD untuk melihat ikan arwana di taman baru Mabes Angkatan Darat, sama juga melihat suasana-suasana yang di kantor,” ungkap Faldo.

Tak hanya itu, Faldo menyebut bahwa pertemuan itu dimanfaatkan Pratikno untuk berolahraga bersama Andika. Pasalnya, dimasa pandemi ini, menjaga kesehatan dengan berolahraga sangat penting.

“Dua pemimpin kita ini bisa kita jadikan teladan untuk selalu menjaga kesehatan, menjaga kebugaran untuk menghadapi pandemi ini,” ucap Faldo.

Selain itu, Faldo menyebut bahwa pertemuan keduanya membahas masalah kebangsaan serta pemulihan pandemi yang terjadi di Tanah Air.

“Ya tentunya ada pembicaraan lainnya, tentunya pembicaraan kenegaraan terutama terkait pemulihan pandemi di Indonesia,” jelas Faldo.

Surat Presiden Terkait Panglima TNI akan Dikirim Setelah Reses

Sementara itu, Pemerintah sendiri belum mengirimkan surat presiden (Surpres) ke DPR terkait pergantian Panglima TNI. Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara, Faldo Maldini mengatakan bahwa Surpres akan dikirimkan setelah DPR memasuki masa sidang lagi.

READ  Ryamizard Ryacudu Berikan Pembekalan Saat Pelantikan DPP HIPAKAD 2021-2026

“Sejauh ini secara jadwal, semuanya masih aman, menunggu jadwal DPR sidang lagi. Kita masih ada waktu sampai masuk pensiun Panglima di akhir November nanti,” tambah Faldo.

Untuk diketahui DPR memasuki masa reses Persidangan 1 Tahun 2021 pada 8 sampai 31 Oktober 2021.

Baca Juga: Presiden Pimpin Upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun 2021

Menurut dia, masih ada waktu mencari perwira terbaik yang dapat menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun. Sejumlah kriteria menurutnya, menjadi penilaian untuk menentukan calon Panglima TNI pengganti Hadi.

“Kita tunggu saja. Semuanya masih berproses. Kita sedang fokus ke agenda nasional bangkit dari pandemi, maka kriteria  untuk menjawab tantangan itu jadi penting, ini yangsebelumnya tidak menjadi kriteria utama. Kalau sudah tampak tanda-tandanya, nanti pasti langsung diumumkan, tidak mungkin diam-diam,” katanya.

Faldo mengatakan bahwa Presiden saat ini masih menggodok siapa Panglima TNI ke depannya. Yang pasti menurutnya Panglima TNI yang baru adalah prajurit yang terbaik dari berbagai aspek.

“Karena ini bukan hanya soal kualifikasi personal, tapi Panglima TNI saat ini juga punya sederet tantangan berat, bagaimana bahu – membahu dengan rakyat untuk melewati pandemi, pengembangan personel baik dari segi kualitas SDM ataupun karir, pengembangan alutsista, dan harmonisasi tata kelola di tubuh tiga matra,” pungkasnya. [TribunNews]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*