Pemkot Yogya Tambah Jenis Pelayanan Drive Thru Cetak KTP-el

Yogyakarta, citynews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berupaya meningkatkan kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Dalam hal pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) ada pelayanan secara drive thru. Kini Pemkot Yogyakarta menambah jenis pelayanan drive thru cetak KTP-el, tidak hanya untuk KTP yang rusak dan hilang. Bagi warga pindah datang dan perubahan biodata juga bisa mencetak KTP-el pada layanan drive thru di Balaikota Yogyakarta.

“Kami tambah pelayanan di drive thru untuk mencetak KTP-el bagi warga pindah datang dan perubahan biodata,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta Bram Prasetyo, Selasa (25/5/2021).

Dia menyatakan syarat mengakses pelayanan drive thru cetak KTP-el bagi warga yang pindah datang maupun perubahan biodata adalah membawa Kartu Keluarga (KK) terbaru dan KTP-el lama atau yang belum berubah. Sebelumnya warga pindah datang maupun yang mengalami perubahan biodata mengajukan laporan pindah datang dan perubahan data untuk memproses KK terbaru di Kantor Dindukcapil Kota Yogyakarta.

“Laporan pindah datang kami proses untuk kartu keluarga dan kami kirim lewat email. Kartu Keluarga yang baru itu dibawa ke pelayanan drive thru untuk mencetak KTP elektronik,” paparnya.

Sedangkan syarat pelayanan drive thru cetak KTP-el bagi warga yang KTP hilang adalah membawa surat keterangan kehilangan KTP-el dari kepolisian dan KK asli.  Untuk warga yang KTP rusak syaratnya membawa KTP-el yang rusak dan KK asli. Pelayanan drive thrucetak e-KTP beroperasional setiap Senin sampai Kamis pukul 09.00 WIB -12.30 WIB di halaman parkir Balaikota sisi selatan. Layanan itu hanya untuk penduduk Kota Yogyakarta.

Dia menjelaskan penambahan jenis pelayanan di drive thru itu karena awalnya banyak warga yang pindah datang maupun perubahan biodata yang dicetak di Kantor Dindukcapil Kota Yogyakarta. Tapi KTP-el tidak segera diambil meskipun Dindukcapil Kota Yogyakarta sudah menginformasikan telah selesai dicetak. Kini Dindukcapil Kota Yogyakarta menyimpan berkisar 60-70 KTP-el yang sudah dicetak tapi belum diambil warga.

READ  Yohanes H. Budhisedjati : Vox Point Mengecam Keras Bom Bunuh Diri di Katedral Makassar

“Kami imbau warga segera mengambil KTP-el yang sudah kami cetak. Makanya daripada kami menyimpan, sekarang bisa mencetak KTP-el di layanan drive thru. Kalau dari segi waktu tidak bisa mengakses layanan drive thru, warga bisa mengajukan pencetakan KTP -el di Jogja Smart Service akan kami cetak di Kantor Dindukcapil,” jelas Bram.

Dia menyebut pelayanan drive thru cetak KTP-el melayani berkisar 110-130 pemohon/hari. Sebelum ada tambahan layanan cetak KTP-el untuk warga pindah datang dan perubahan biodata, drive thru cetak KTP-el melayani sekitar 100 pemohon/hari.

Pihaknya memastikan ketersediaan blangko KTP-el di Kota Yogyakarta sebanyak 6.700 keping masih mencukupi untuk sekitar 2 bulan dengan asumsi sehari 100-200 pemohon cetak KTP-el. Apabila stok menipis, Dindukcapil Kota Yogyakarta mengajukan blangko KTP-el ke pemerintah pusat.

Salah satu warga yang mengakses pelayanan drive thru cetak KTP-el Indriana mengatakan pelayanan itu memudahkan karena warga tinggal datang antre dan menyerahkan syarat lalu menunggu panggilan. Warga tidak perlu turun dari kendaraan saat antre pelayanan. “Cukup memuaskan,” imbuh warga Pakualaman itu. [PemkotYogya]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*