Pemprov Sumut Usulkan Pusat Ekspor di Forum IMT-GT

Medan, citynews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengusulkan agar Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) memiliki pusat ekspor (eksport centre) produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM). Hal ini bertujuan untuk mendongkrak perekonomian ketiga negara selama pandemi dan pascapandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Afifi Lubis mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada pertemuan Chief Minister and Governors Forum (CMGF) IMT-GT ke-18 secara virtual di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Jumat (30/7).

Baca Juga: Bobby Nasution Kembali Terima Bantuan CSR Sembako untuk Masyarakat Terimbas Covid-19

UKM yang secara ekonomi terdampak signifikan selama pandemi, diharapkan mampu bangkit dengan pusat ekspor IMT-GT. “Kerja sama yang erat di antara negara-negara IMT-GT akan mempercepat pemulihan ekonomi di ketiga negara dan salah satunya dengan mempermudah ekspor-impor produk-produk UKM,” kata Afifi Lubis.

Kelancaran Transportasi

Selain pusat ekspor, bidang kerja sama ekonomi lainnya yang diusulkan Pemprov Sumut adalah agar mempromosikan event Beli Kreatif Danau Toba dan memperkuat kerja sama di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei. Sedangkan untuk pariwisata, Pemprov Sumut mengusulkan kolaborasi geopark antara negara IMT-GT dan kerja sama event-event internasional.

Menurut Afifi, untuk memperlancar konektivitas ini perlu transportasi yang tepat yaitu kapal laut. Pemprov Sumut mengusulkan transportasi Tanjungbalai-Port Klang dan Belawan-Penang dengan kapal Roro.

READ  Pemko Medan Berkomitmen Wujudkan Medan Yang Berbasis Smart City

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*