Persiapan Groundbreaking KIPI dan Penutupan Pesta Budaya, Luhut Jadwalkan Kunker di Kaltara

Persiapan Groundbreaking

Tanjung Selor, Kaltara, Citynews.id – Persiapan Groundbreaking KIPI dan Penutupan Pesta Budaya, Menko Marves Luhut Panjaitan dijadwalkan melakukan kunker di Kaltara

Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) Yansen TP menghadiri rapat vitual persiapan kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (30/11).

Kedatangan Luhut ke Kaltara yang dijadwalkan pada Kamis, 2 Desember 2021 ini dalam rangka mengunjungi lokasi peletakan batu pertama (groundbreaking) KIPI oleh Presiden Joko Widodo dan mengikuti penutupan Pesta Budaya Sungai Kayan.

Baca Juga: Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Hadiri Pelantikan Pengurus FPPTI Sulawesi Tengah.

Dalam rapat yang dipimpin Asisten Deputi Investasi Strategis Bimo Widjayanto, Wagub Yansen mengapresiasi rangkaian rencana kerja pemerintah pusat maupun provinsi menghadirkan KIPI sebagai kebijakan strategis pembangunan Kaltara.

Kerja sama yang telah dibangun dari beberapa tahun yang lalu ini akhirnya akan berjalan dengan ditandai dengan groundbreaking oleh presiden yang direncanakan beberapa waktu mendatang.

“Dengan demikian ini menjadi harapan besar masyarakat Kalimantan Utara untuk menyambut kehadiran Pak Presiden maupun pejabat-pejabat lain dalam rangka menyambut kehadiran investasi di Kaltara ini khususnya dipengembangan KIPI,” kata Wagub Yansen saat memberikan arahannya.

Ia mendukung penuh rencana kegiatan yang telah dipersiapkan oleh Kementerian Koordinasi (Kemenko) Kemaritiman dan Investasi (Marves) Republik Indonesia ini. Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Pangdam VI/Mulawarman sedang berada di Tanjung Selor untuk meninjau persiapan groundbreaking tersebut.

Selanjutnya, menanggapi rencana Luhut untuk menghadiri penutupan Pesta Budaya Sungai Kayan sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya, Wagub Yansen menyambut dengan gembira.

Pengembangan KIPI

Sebagaimana diketahui salah satu strategi pendekatan pembangunan Kaltara adalah memberdayakan masyarakat, menghidupkan budaya-budaya yang dimiliki oleh Kaltara, salah satunya melalui Pesta Budaya Sungai Kayan.

READ  Presiden Tegaskan Komitmen Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Syariah di 2024

“Kami sangat berharap Pak Menko bisa hadir dalam penutupan. Itu sangat luar biasa, karena seiring dengan pengembangan KIPI nanti, sektor masyarakat harus hidup,” harapnya.

Kehadiran Menko Marves ini nantinya diharapkan Wagub Yansen dapat memberikan motivasi dan semangat langsung kepada penggiat UMKM yang mengikuti acara tersebut.

Menurutnya, Pesta Budaya Sungai Kayan adalah suatu keterpaduan. Tidak hanya memperkenalkan budaya daerah dalam bentuk perlombaan tetapi memadukan seluruh peran sektoral masyarakat.

Baca Juga: Gubernur Olly Tutup Konas FKUB Ke-VI Se-Indonesia dan Pekan Kerukunan Internasional Tahun 2021

“Jadi kehadiran Pak Menteri tentu menjadi daya dorong bagaimana tekad pemerintah provinsi, bahkan Pak Bupati Bulungan sudah bertekad mengagendakan event-even ini ke depan,” tutupnya.

Direncanakan setibanya Luhut di Kaltara akan digelar rapat koordinasi bersama para menteri, pemerintah provinsi dan kabupaten. Mendampingi wagub dalam rapat yang digelar di ruang kerjanya, Kepala BAPPEDA Risdianto, dan mewakili Kepala DPUPR-Perkim, Kepala Bidang Tata Ruang dan Pertanahan Panji Agung. [PemprovKaltara]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Website Protected by Spam Master