Ryamizard Ryacudu Berikan Pembekalan Saat Pelantikan DPP HIPAKAD 2021-2026

Jakarta, citynews.id – Pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Pusat Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) untuk periode 2021-2026 telah berlangusng pada Sabtu pagi (12/06) di Komplek Pati Kostrad Wira Bhakti Grand Wisata Cibubur. Acara ini juga disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom ke seluruh DPD HIPAKAD.

Bersinergi membangun kualitas sumber daya manusia, menjadi tema yang baik dan sangat relevan untuk bangsa dan negara karena sumber daya manusia adalah penggerak yang menjamin hasil yang baik.

Sebelum pembacaan dan pengesahan DPP HIPAKAD, didahului dengan Doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pembekalan Wawasan Bela Negara menghadirkan mantan Menteri Pertahanan (2014-2015) Jendral (Purn) Dr. (HC) Ryamizard Ryacudu. Ryamizard pernah menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya, Pangdam Jaya/Jayakarta, Pangkostrad dan Kepala Staf Angkatan Darat.

Selaku Dewan Penasehat HIPAKAD, dalam sambutannya Ryamizard menyampaikan beberapa pesan Bela Negara yang dianggapnya penting dimiliki oleh putra-putri keluarga Angkatan Darat. Peraih Bintang Kartika Eka Paksi Nararya ini mengingatkan kepada anggota HIPAKAD bahwa darah yang mengalir pada setiap anggotanya adalah  darah pendiri bangsa yang berjuang untuk bangsa, maka setiap anggota HIPAKAD harus aktif  berkontribusi bagi bangsa dan Negara.

“Kita harus bersatu dengan segala komponen bangsa untuk saling membantu membangun negeri dan tetap menjaga keluruhan nilai bangsa yang beradaptasi dengan kemajuan tekhnologi, dan ini adalah kekuatan bangsa,” tegas Ryamizard. Menurutnya, setiap anggota HIPAKAD harus waspada dan mampu melalukan seleksi terhadap budaya dan hal-hal yang masuk ke negeri yang kita cintai ini.

Dalam lanjutan pesannya, Ryamizard Ryacudu juga menyampaikan untuk tidak pernah menjadi pengkhianat bangsa  tetapi berkarya buat bangsa dan negara. Ia mencontohkan dirinya yang bersedia berkorban jiwa raga buat bangsa dan negara.

Ketua Umum HIPAKAD Isfan Fajar Satryo melalui sambutan tertulis yang dibacakan langsung, juga menyampaikan bahwa HIPAKAD adalah sarana dan lokomotif dalam mengabdi dan turut serta dalam pembangunan, “Maka dituntutlah ketulusan dan keikhlasan semua pengurus dan anggota dalam menjalankan organisasi dengan segala programnya, dan jangan sekali-kali menggunakan wadah ini untuk hal-hal yang sempit atau kepentingan diri atau sesaat.” Masih menurut Isfan, “Dalam perjuangan selalu akan ada pasang dan surut, silih berganti. Tetapi niat semangat dan sumber daya yang ada harus terus bergerak untuk kemaslahatan.”

Isfan Fajar Satryo adalah putra Wakil Presiden RI keenam Jenderal (Purn) Try Sutrisno, menyebutkan, “Tantangan kita bukan saja hal-hal yang bersifat ke-geografi-an dan sumber daya alam, tapi memiliki sumber daya manusia yang berkualitas menjadi keniscahayaan.” Iapun berharap, anggota HIPAKAD harus saling menjaga dan memiliki jiwa korsa untuk bangsa. [Albert]

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*