Seleksi Penulis Emerging Indonesia Ubud Writers & Readers Festival 2021 Kembali Dibuka!

Ubud, citynews.id – Pandemi COVID-19 telah mengguncang berbagai aspek kehidupan, namun juga mendorong manusia untuk melihat dan becermin kembali kepada alam lingkungan. Pada hari ini, Rabu (21/04/2021), Yayasan Mudra Swari Saraswati, lembaga nirlaba yang menaungi Ubud Writers & Readers Festival (UWRF), dengan bangga kembali membuka Seleksi Penulis Emerging Indonesia untuk UWRF 2021.

UWRF mengajak penulis emerging atau pendatang baru untuk membagikan kisah maupun refleksi akan masalah-masalah ekologi berdasarkan perspektifnya masing-masing. Bagaimana tantangan COVID-19 dan perubahan iklim ini secara nyata dihadapi di berbagai pelosok Indonesia? Seperti apa upaya-upaya komunitas setempat dalam menyikapinya? Tahun ini, UWRF menerima karya fiksi dan nonfiksi.

Pemilihan pemenang seleksi ini berdasarkan sejumlah kriteria termasuk kualitas karya, prestasi dan konsistensi dalam berkarya, serta dedikasi dalam pengembangan kesusastraan Indonesia. Seleksi ini terbuka bagi penulis berkewarganegaraan Indonesia dengan kriteria umum sebagai berikut:

  1. Karya fiksi maupun nonfiksi sesuai tematik perubahan iklim dan tantangan ekologi hari ini, dengan kategori:
  2. Puisi
  3. Cerita pendek
  4. Novel
  5. Naskah drama
  6. Esai
  7. Peserta cukup mengirimkan sebanyak-banyaknya 2 (dua) kategori dari yang disebutkan di atas.
  8. Peserta cukup mengirimkan 1 (satu) karya untuk kategori cerita pendek, novel, naskah drama, dan esai, dan 3 (tiga) karya untuk kategori puisi.
  9. Panjang maksimal untuk karya dengan kategori puisi adalah 300 kata.
  10. Panjang maksimal untuk karya dengan kategori cerita pendek dan esai adalah 3.000 kata.
  11. Untuk karya dengan kategori novel, kirim satu naskah utuh dengan sinopsis cerita.
  12. Untuk karya dengan kategori naskah drama, kirim 8-15 halaman dengan durasi pentas sekitar 30 menit.
  13. Karya yang dikirim merupakan karya asli, bukan saduran, terjemahan, maupun tiruan. Panitia menggunakan piranti lunak untuk memeriksa kemungkinan karya tiruan.
  14. Karya dibuat dalam kurun waktu dari 2019 hingga terkini.
  15. Panitia memiliki hak untuk menerjemahkan serta menerbitkan karya-karya yang terpilih ke dalam antologi tahunan festival.
  16. Penulis yang mengikuti seleksi wajib mengisi formulir online yang ada di situs web https://www.ubudwritersfestival.com/formulir-seleksi-penulis-emerging-2021/
READ  Menparekraf Dukung Pemprov Bali Tentukan Arah Kebijakan Pariwisata

Batas akhir untuk pengiriman karya jatuh pada Jumat, 21 Mei 2021, pukul 23.59 WITA. Nama-nama penulis emerging yang terpilih akan diumumkan pada Juni 2021.

Tentang Program Penulis Emerging Indonesia

Program yang ditujukan untuk menemukan calon bintang-bintang sastra muda Indonesia ini sudah diadakan setiap tahun sejak 2008. Emerging adalah istilah yang digunakan oleh UWRF untuk para penulis Indonesia yang memiliki karya berkualitas namun belum memperoleh publikasi yang memadai. Program Seleksi Penulis Emerging Indonesia ini adalah bagian dari komitmen Yayasan Mudra Swari Saraswati untuk mendukung kehidupan masyarakat Indonesia melalui program-program seni dan budaya. Selain itu, tujuan diselenggarakannya program ini adalah untuk menemukan bakat-bakat sastra dari pelosok Nusantara, terutama di Bali.

Sebagai salah satu komitmen Yayasan untuk memberikan ruang dan menghadirkan karya-karya anak bangsa ke hadapan dunia internasional, Festival juga akan menerjemahkan karya-karya terpilih penulis emerging yang telah lolos seleksi tersebut ke dalam bahasa Inggris. Karya-karya mereka juga akan dibukukan dan diterbitkan ke dalam buku antologi dwi bahasa yang akan diluncurkan pada Ubud Writers & Readers Festival.

Karya-karya yang dikirimkan akan melewati tahap kurasi oleh tim program UWRF, kemudian dikurasi kembali oleh Dewan Kurator yang terdiri dari penulis-penulis Indonesia ternama. Nama anggota Dewan Kurator ini dirahasiakan hingga pengumuman para penulis emerging terpilih.

Dalam situasi pandemi COVID-19, panitia mengupayakan hadirnya program yang terbaik bagi tiap peserta terpilih, semisal lokakarya bersama para mentor berikut penerbitan karya secara daring. Partisipasi peserta secara langsung di lokasi festival akan dipertimbangkan mengingat kondisi finansial serta ketentuan penyelenggaraan yang kondusif semasa pandemi.

Seleksi Penulis Emerging Indonesia ini telah sukses memperkenalkan penulis-penulis Indonesia ke kancah internasional. Banyak di antara para alumni Seleksi Penulis Emerging Indonesia yang terus konsisten berkarya dan menjadi sosok berpengaruh di dunia sastra Indonesia dan internasional. Beberapa alumni Seleksi Penulis Emerging Indonesia ini adalah M. Aan Mansyur (2009), Kurnia Effendi (2010), Avianti Armand (2011), Aprila R.A Wayar (2012), Mario F. Lawi (2013), Faisal Oddang (2014), Norman Erikson Pasaribu (2015), Soetan Radjo Pamoentjak (2016), Ibe S. Palogai (2017), Andre Septiawan (2018), Chandra Bientang (2019), dan masih banyak lagi.

READ  Pesona Pantai Senggigi di Lombok Barat, NTB

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web http://www.ubudwritersfestival.com/ dan ikuti media sosial UWRF melalui Facebook, Twitter, dan Instagram @ubudwritersfest.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Tentang Festival

Tentang Festival Ubud Writers & Readers Festival yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2004, kini dikenal sebagai salah satu festival sastra terbesar di Asia Tenggara. Misi dari UWRF adalah mewujudkan festival sastra berskala internasional yang merayakan ide serta isu-isu global. UWRF adalah proyek tahunan utama dari yayasan nirlaba Mudra Swari Saraswati yang didirikan oleh Co-Founder, Janet DeNeefe sebagai bentuk pemulihan setelah tragedi bom Bali pertama.

Ubud Writers & Readers Festival 2021

UWRF ke-18 akan kembali diselenggarakan secara online dan on-site di Ubud, Bali, pada tanggal 8-17 Oktober 2021.

 

Kontak

Tim Program UWRF

Email: indonesia@ubudwritersfestival.com

Telepon: (0361) 977-408

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*