Solo Local Festival, Upaya Pemkot Solo dan Bank BJB Dongkrak Perekonomian UMKM

Solo Local Festival

Surakarta, Jawa Tengah, Citynews.idSolo Local Festival digelar dalam rangka upaya menggenjot perekonomian UMKM yang dilakukan bersama antara Pemkot Solo dan Bank BJB 

Pemerintah Kota Surakarta terus melebarkan kerja sama dengan banyak pihak, untuk memajukan UMKM di wilayahnya. Salah satunya, dalam pagelaran Solo Local Festival yang melibatkan UMKM Kota Surakarta binaan Bank BJB di Hotel Swiss-Belinn Gilingan Surakarta, Selasa (21/9/2021).

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kota Surakarta dan Bank BJB, untuk membantu dan mengembangkan UMKM Kota Surakarta dalam pembinaan dan permodalan.

Baca Juga: Peringati Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66, Kapolda Sumsel: Kembangkan Komunikasi dengan Masyarakat

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi menandatangani Nota Kesepahaman untuk kerja sama pemanfaatan produk, jasa dan layanan perbankan Bank BJB, disaksikan Kepala Bank Indonesia Surakarta Nugroho Joko Prastowo, dan Kepala OJK Eko Yunianto.

Gibran menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang dilakukan Bank BJB dalam memberikan dukungan dan bantuan untuk UMKM di Kota Surakarta.

“Luar biasa kontribusinya untuk teman- teman UMKM di Solo. Karena kita sudah turun ke level 3, otomatis harus mulai memikirkan bagaimana mengawali percepatan pemulihan ekonomi. Seluruh UMKM di Kota Surakarta benar-benar menjadi _concern_ utama kami, Pemerintah Kota Surakarta,” ujarnya.

Saatnya Bangkit

Menurut Gibran, selama PPKM, UMKM yang berada di sektor nonesensial sempat terpuruk dan kini sudah saatnya untuk bangkit kembali. Bantuan juga sudah diberikan oleh pengusaha-pengusaha untuk memperbaiki kondisi kesehatan UMKM, sehingga ekonomi Indonesia, terutama UMKM di Kota Surakarta akan semakin membaik. Harapannya UMKM Kota Surakarta bisa bertahan dan terus berkembang.

READ  Menpora Amali Luruskan Isu Tujuh Atlet yang Kabur dari Tempat Karantina

“Dengan adanya acara Bank BJB pada hari ini, UMKM di Kota Solo bisa naik kelas juga. Tadi saya lihat transaksi juga sudah bisa melakukan transaksi QRIS, yang memudahkan transaksi untuk transaction record dan catatan cash flow,” terang Gibran.

Baca Juga: Resmikan Rusun Pasar Rumput, Presiden: Permudah Aktivitas Ekonomi Masyarakat

Sementara Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengungkapkan, pihaknya mendukung langkah Pemerintah Kota Surakarta dalam pemberdayaan UMKM di kota itu.

“Tadi kita sudah saksikan beberapa UMKM binaan Bank BJB khususnya. Sudah banyak perkembangan–perkembangan pemberdayaan Bank BJB di Surakarta. Kami sangat menghargai diberi kepercayaan untuk hadir di Kota Surakarta sejak 2012,” ucapnya.

Peran serta bank BJB, lanjut Yuddy, selalu diapresiasi dalam bentuk sinergi di Kota Surakarta khususnya.

Pada kegiatan Solo Local Festival yang melibatkan UMKM Kota Surakarta binaan Bank BJB, juga diserahkan secara simbolis Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BJB untuk UMKM di Kota Surakarta dari nominal Rp50 juta hingga Rp500 juta. BJB juga menyerahkan bantuan secara simbolis 10.000 paket Covid Kit untuk pelajar di Kota Surakarta. [PemkotSurakarta]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*