Tak Boleh Mundur, Sirkuit Mandalika Rampung Juli 2021

Jakarta, citynews.id – Pembangunan sirkuit Mandalika terus berjalan meski perhelatan internasional MotoGP mundur hingga Maret 2022. Kini progres sirkuit yang berada di Lombok itu telah mencapai 67% dan akan rampung pada Juli 2021. “Target penyelesaiannya tidak boleh mundur, ini Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas,” ungkap Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Febry Calvin Tetelepta, Senin (19/4).

Febry bahkan mendapat laporan bahwa PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP1 siap mendukung konektivitas udara, melalui perluasan terminal, pengembangan fasilitas kargo dan perluasan parkir penumpang. Febry bilang, AP1 menargetkan rencana tersebut kelar pada Juni 2021. Sedangkan untuk perpanjangan runway dan pengembangan fasilitas sisi udara akan selesai Agustus 2021.

Selain itu, pembangunan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) sepanjang 17 km oleh Kementerian PUPR masih berjalan sesuai jadwal. Progres fisik pembangunan jalan yang terdiri dari tiga paket tersebut saat ini sudah mencapai 48% dan ditargetkan akan selesai pada Juli 2021. Kementerian PUPR juga memberikan dukungan penyediaan air baku Bendungan Pengga untuk Mandalika yang ditargetkan selesai pada akhir Oktober 2021.

Dengan perkembangan yang ada, Febry menegaskan, Pemerintah memastikan koordinasi lintas Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah terjalin secara baik. Sehingga, pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan optimal. Pemerintah juga menegaskan pembangunan infrastruktur di kawasan Mandalika sudah sesuai peraturan dan tidak melanggar HAM.

“Permasalahan lahan sudah diselesaikan dan sudah dilakukan langkah-langkah pendekatan yang humanis secara terus menerus dalam setiap penanganan permasalahan,” tutur Febry. [KSP]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*