Tiba di Papua, Presiden disambut Tarian Selamat Datang

Tiba

Jayapura, Papua, Citynews.idTiba di Jayapura Provinsi Papua, Kepala Negara disambut Tarian Selamat Datang dengan tabuhan alat musik khas bernama Tifa, setelah sebelumnya dikalungi noken.

Setelah menempuh penerbangan kurang lebih lima jam, Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat, 1 Oktober 2021, pukul 16.20 WIT.

Presiden Jokowi langsung mengalungkan noken. Kepala Negara juga disambut dengan tarian selamat datang khas Sentani dengan iringan tetabuhan tifa.

Baca Juga: Wagub Sulteng Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual.

Presiden dan rombongan langsung menuju hotel untuk bermalam dan melanjutkan agenda kerja esok hari.

Turut menyambut kedatangan Presiden di Bandara Sentani yaitu Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, dan Pangkoopsau III Marsda TNI Samsul Rizal, sedangkan Gubernur Papua Lukas Enembe menyambut di Hotel tempat Presiden bermalam.

Saat Presiden Beli Noken di Pinggir Jalan dari Mama-Mama

Dalam perjalanan dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura menuju hotel, rangkaian kendaraan Presiden Joko Widodo sempat berhenti sesaat. Presiden hendak membeli noken, tas rajutan asli papua dari mama penjual di pinggir jalan.

“Tas apa ini?” tanya Presiden kepada Paulina Adi, salah seorang mama penjual noken di pinggir Jalan Raya Hawai Sentani, Jayapura, Jumat, 1 Oktober 2021.

“Ini tas terbuat dari kulit kayu, Bapak,” ujar Paulina.

Baca Juga: Tinjau Kesiapan Event Internasional KTT G20 di Bali, Kabaharkam Polri Cek Sarpras Polda Bali

Setelah melihat-lihat dan memilih, Presiden kemudian memutuskan untuk membeli dua noken.

Selain Paulina Adi, ada juga Anastasya Keren dan Yulita Tebay yang juga menjual noken hasil rajutannya sendiri. Mereka berharap dengan adanya perhelatan PON XX di Papua, akan banyak orang yang membeli tas rajutan asli Papua tersebut. [Setpres]

READ  Puluhan Kapal Perang Laksanakan Peperangan Uji Kemampuan Teknologi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*