TNI AL Sambut HUT Ke 76, Berbagi Dari Laut di Perairan Sulawesi Utara

TNI AL

Jakarta, Citynews.id – TNI AL Koarmada II melalui Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada II melaksanakan kegiatan sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat pesisir/nelayan tradisional yang dirangkai dalam kegiatan “TNI AL Berbagi Dari Laut”. Kegiatan tersebut dilakukan dari atas Kapal Perang Republik Indonesia KRI HIU-634 di dua tempat yakni di Perairan Selat Lembeh Bitung dan Perairan Kema Minahasa Utara. Kamis (2/9).

Komandan Guskamla Koarmada II Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya, S.H., M.Si., yang memimpin kegiatan tersebut menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-76 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2021.

Baca Juga: Menparekraf Temui Gubernur Kalsel Bahas Pengembangan Potensi Parekraf

Namun tidak hanya dari KRI HIU-634 kegiatan TNI AL berbagi ini dilaksanakan, ditempat terpisah unsur KRI BKO Guskamla Koarmada II juga melaksanakan hal serupa di perairan Makassar oleh KRI BDU-834 dan perairan Pulau Laut oleh KRI BDK-623. Dalam rangkaian itu juga Guskamla Koarmada II telah melakukan kunjungan ke pulau-pulau terdepan dan melaksanakan kegiatan yang sama.

“TNI AL Berbagi ini bertujuan untuk membantu meringankan beban nelayan tradisional yang berada di wilayah kerja Guskamla Koarmada II di masa pandemi Covid-19. Diharapkan dengan bantuan ini bisa meringankan beban hidup para nelayan tradisional yang terdampak langsung pandemi Covid-19,” ujar Danguskamla Koarmada II.

Menurutnya, “TNI AL konsisten menjalin kerjasama dengan semua pengguna laut termasuk di dalamnya nelayan tradisional yang dapat memberikan informasi tentang situasi dan keadaan perairan yang menjadi tempat mencari ikan, dan yang paling penting disini adalah kehadiran unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dapat memberikan rasa aman kepada semua masyarakat maritim pengguna laut,” ungkap Perwira Tinggi berpangkat Laksamana Pertama TNI.

READ  Presiden: Waspadai Peningkatan Rivalitas Antarideologi

Sementara itu Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, M.M., yang turut serta dalam kegiatan tersebut menyampaikan, “selaku pemerintah kota merasa bahagia karena menyangkut bakti kepada masyarakat dan negeri ini dilakukan bersama. Apa yang telah dilakukan TNI AL hari ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintah kota untuk mengurangi beban saat pandemi Covid-19.”

Baca Juga: Menko Polhukam: Negara Kaum Muslimin Harus Inklusif dan Kosmopolit

Karena itu pemerintah mengucapkan terima kasih kepada TNI AL yang telah menunjukan kepeduliannya kepada nelayan tradisional yang berada di perairan Selat Lembeh ini.

Diharapkan kerja sama seperti ini akan terus berlanjut dalam bentuk-bentuk kegiatan lainnya seperti yang sudah berjalan selama ini, tuturnya.

Kegiatan tersebut dihadiri juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kadis Perikanan dan Kelautan Pemkot Bitung, Asintel Danguskamla Koarmada II serta Perwira Pembantu Staf Operasi Guskamla Koarmada II. [Dispenal]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*