TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Gagalkan Penyeludupan dari PNG ke Papua

TNI Satgas

Jakarta, citynews.id – Personel TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Muara Tami berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan kaleng Beer ber-alkohol dan makanan snack dari Negara Papua Nugini ke wilayah Indonesia di pantai Logpon sungai Muara Tami Distrik Muara Tami, Jayapura (31/7/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas RI-PNG Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr (Han) dalam rilis tertulisnya di Skouw Distrik Muara Tami Jayapura.

Baca Juga: Personel Pos Satgas Yonif 742/SWY Bantu Warga Perbatasan Pasang Pipa Air Bersih

Menurut Dansatgas, diamankannya ratusan kaleng Beer ber-alkohol dan makanan snack ilegal asal PNG tersebut bermula saat personel pos melaksanakan siaga fajar yang mendengar suara boat mendekat kearah sungai Muara Tami. Kemudian Danpos menyiapkan 1 regu untuk melaksanakan kegiatan patroli ke arah Muara sungai Tami dan menemukan tumpukan kotak kardus tanpa pemilik.

TNI Satgas

“Setelah diperiksa tumpukan kotak kardus tersebut berisikan 336 kaleng beer berlabel Niugini Ice Premium beer, Pacific Premium beer dan SP Lager Beer dengan kandungan alkohol 4,5% dan 5.2% dengan berat total 110,880 liter.
Selain itu didapatkan juga makanan snack yang semuanya merupakan produksi negara PNG”, ujar Dansatgas TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs.

Baca Juga: Panglima Kostrad Kunjungan Kerja Yonif Raider 321 Kostrad

Di tempat terpisah, Danpos Muara Tami Letda Inf Arjunti Harahap mengatakan kegiatan patroli keamanan maupun sweeping, rutin dilaksanakan oleh personel Satgas di wilayah yang menjadi jalur keluar masuknya orang dan barang-barang secara ilegal.

“Hal ini merupakan kegiatan rutin satgas guna mencegah segala macam kegiatan pelintas batas ilegal maupun penyelundupan barang-barang baik yang masuk maupun akan keluar dari wilayah NKRI. Saat ini barang bukti sudah kami amankan dan selanjutnya barang bukti tersebut akan diserahkan kepada pihak berwenang”, ucap Danpos.

READ  Santri, Generasi Kuat Spiritual dan Intelektual

Satgas Pamtas Yonif 131/Brs juga rutin membantu mewujudkan mimpi pemuda-pemuda Papua menjadi prajurit TNI-AD dengan membina dan melatih pemuda secara rutin di Pos Ramil Tami Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Untuk pembinaan fisik kita berikan pagi dan sore setiap harinya, berupa materi kesegaran jasmani A dan B. Pembinaan psikologi diberikan pada waktu siang di hari tertentu. Selain itu pos juga memberikan edukasi tentang pemeliharaan kesehatan sebagai salah satu syarat dalam seleksi, demikian dikatakan Datsatgas. [Dispenad]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*