Utamakan Keselamatan Publik, DPR Harap Insiden Tabrakan LRT Jabodebek Jadi Pelajaran

Utamakan

Jakarta, Citynews.idUtamakan Keselamatan Publik, DPR berharap agar insiden tabrakan LRT Jabodebek tidak terulang kembali dan menjadi pelajaran semua pihak

Menanggapi tabrakan pada uji coba Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di ruas Cawang-Cibubur beberapa waktu lalu, Anggota Komisi V DPR RI Tamanuri menegaskan agar  kejadian tersebut menjadi pelajaran bersama terutama bagi para stakeholder yang terlibat pada uji coba LRT Jabodebek. Pengawasan menjadi vital untuk memprioritaskan sekaligus memastikan keselamatan dan keamanan publik sebelum LRT Jabodebek beroperasi.

Tamanuri menyampaikan hal tersebut usai turut mengikuti Komisi V DPR RI meninjau kelanjutan pembangunan LRT di Stasiun Harjamukti, Jawa Barat, Selasa (9/11/2021). Dirinya pun tidak ingin kepercayaan publik terhadap transportasi massal rusak akibat ‘human error’ yang seharusnya bisa dicegah.

Baca Juga: PPKM Level 1, Kota Magelang Terus Gencarkan Tracing Covid-19

“(Insiden) ini adalah pengalaman yang berharga bagi perusahaan. Ini juga merupakan satu pelajaran yang tentu tidak ada di dalam bukunya. Oleh karena itu, banyak sekali hal dari kejadian ini yang perlu ditindaklanjuti dengan dicari solusi oleh perusahaan. Tentu saja ini akan mempengaruhi kepercayaan kepada masyarakat kita,” tuturnya.

Penyebab Tabrakan Harus Transparan

Lebih lanjut Tamanuri ingin penyebab tabrakan pada uji coba LRT Jabodebek dipublikasikan sebagai bukti transparansi, sehingga tidak meninggalkan kecurigaan kepada publik. Ke depannya, ia ingin pembangunan LRT Jabodebek tetap terlaksana ‘on the track’ sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan sekaligus juga ditingkatkan kompetensi baik SDM, maupun infrakstukturnya. Utamakan keselamatan dan kenyamanan kepentingan masyarakat sebagai pengguna moda transportasi ini.

“Jadi, jangan sampai terjadi pengulangan seperti (tabrakan uji coba LRT Jabodebek) ini. Jadi semuanya sudah harus diuji coba, kompetensi sedemikian rupa. Harus mantap, baru dilaksanakan. Jangan coba-coba,” pungkas Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI itu.

READ  Jadi Fasilitator Importasi Bantuan ke Sulsel, Plt Gubernur Beri Penghargaan Kanwil Bea Cukai

Baca Juga: Gubernur Sulteng Resmikan Smart Village di Desa Pakuli

Hingga saat ini progres pembangunan pada lintas pelayanan Cawang-Cibubur telah mencapai 93,94 persen. Sedangkan, lintas Cawang-Dukuh Atas mencapai 87, 99 persen. Lalu, pada lintas Cawang-Bekasi Timur mencapai 92, 25 persen. Untuk di sekitar Depo mencapai 55,85 persen. Kini, kereta pertama LRT Jabodebek sudah diletakan di Stasiun Harjamukti, Cibubur yang diuji coba hingga Bentang Panjang Cililitan. [DPRRI]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Website Protected by Spam Master