Wakil Presiden Dorong Universitas Terbuka Makin Berkualitas dan Inovatif

Wakil Presiden

Jakarta, Citynews.id – Wakil Presiden berpendapat bahwa pandemi Covid-19 dengan segala dampaknya menjadi salah satu contoh tantangan dan peluang bagi bangsa Indonesia, untuk mengembangkan riset dan inovasi, serta bertransformasi menuju kemandirian di berbagai bidang.

Melihat hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menganjurkan Universitas Terbuka sebagai lembaga pendidikan sekaligus lembaga riset dan inovasi, agar terus meningkatkan kualitas dan berinovasi dalam mencetak generasi unggul yang mampu menghadapi berbagai tantangan dan memanfaatkan berbagai peluang yang muncul seiring perkembangan zaman.

Baca Juga: PPKM Hampir Sebulan, Kasus Corona Turun 46,2 Persen Per Hari di Papua

“Saya mendorong Universitas Terbuka untuk terus meningkatkan kualitas dan berinovasi sejalan dengan kemajuan teknologi informasi, menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), lembaga riset, serta perguruan tinggi lain dalam menyiapkan sumber daya manusia unggul di era 4.0 yang berdaya saing global dan berkarakter kebangsaan,” ungkap Wapres pada acara Peringatan Dies Natalis Ke-37 Universitas Terbuka, Sabtu (04/09/2021).

Sejarah Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. UT memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana. Sejak tahun 2004, UT membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana. Sejak tahun 2019, UT membuka program Doktor.

Baca Juga: Tenaga Kerja Pariwisata Bali Sudah Divaksin, Vaksinasi Dinas Pariwisata Bali Ditutup

Universitas Terbuka sendiri memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) serta berkualitas dunia. Adapun misinya adalah menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi; mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ untuk mendukung implementasi sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia; dan memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan, kelembagaan, dan PTJJ untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.

READ  Menpora Amali Ingin Perubahan Paradigma Prestasi Olahraga Nasional

Sukseskan Penanganan Pandemi Covid-19

Pada kesempatan ini, Wapres juga menyampaikan apresiasinya kepada Universitas Terbuka yang konsisten memberikan layanan pendidikan tinggi yang terjangkau dan fleksibel bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air selama hampir empat dasawarsa.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada Universitas Terbuka sebagai pionir dalam pembelajaran jarak jauh pada tingkat perguruan tinggi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wapres mengajak seluruh sivitas akademika Universitas Terbuka untuk bersama-sama masyarakat dan pemerintah, turut menyukseskan program percepatan penanganan pandemi Covid-19, sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

“Selamat memperingati Dies Natalis ke-37 dan selalu terdepan dalam inovasi pendidikan jarak jauh. Dirgahayu Universitas Terbuka, teruslah berkarya nyata dalam mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” pungkasnya. [Setwapres]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*