Walikota Surakarta Gibran Dorong Anak Muda Pakai Batik di Segala Acara

Walikota Surakarta

Surakarta, Jawa Tengah, Citynews.idWalikota Surakarta Gibran mendorong anak muda agar menyukai dan memakai Batik di segala acara, tak hanya saat acara resmi.

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming berharap batik terus berkembang. Ia mendorong anak-anak muda agar mengenakan batik di segala situasi, tak hanya saat acara resmi.

Baca Juga: Pemda Sulteng Terima Bantuan Alat-alat Kesehatan dari Yayasan BUMN Pusat.

“Kini giliran kita anak-anak muda untuk melestarikan batik. Batik bisa digunakan di segala situasi tidak hanya kondangan. Misalnya digunakan saat main ke mal atau nongkrong. Dan ini luar biasa sekali ini kolaborasi Danar Hadi dan Rown Dvsn, menjadi bukti bahwa batik dapat dikembangkan untuk anak muda,” ujarnya, saat membuka pameran “Living in Heritage” di Ndalem Wuryaningratan Solo, dalam rangka Hari Batik Nasional 2021, sekaligus HUT ke-54 Batik Danar Hadi, Sabtu (2/10/2021).

Gibran menegaskan batik tidak boleh mati. Anak mudalah yang mesti menjaga batik, dengan menggunakannya dalam keseharian.

“Sekali lagi batik ini adalah aset budaya bangsa. Jadi anak-anak muda bisa menggunakan pada kegiatan sehari-hari, karena motifnya juga banyak,” kata Gibran.

Managing Director PT Batik Danar Diana Santosa mengatakan, Hadi Batik Danar Hadi selalu melakukan inovasi produk dan mengeluarkan koleksi-koleksi batik terbaru, dengan terus mengikuti perkembangan fesyen yang semakin modern dan masa kini.

Baca Juga: Gubernur Edy Minta Kesiapan Satgas Covid-19 Sumut Jelang Pembukaan Kedatangan Internasional

“Batik Danar Hadi, sebagai penjaga wastra kekayaan budaya Indonesia, mampu menerjemahkan nilai-nilai luhur kearifan dalam ragam hias motif batik, yang dapat terus diaplikasikan di dalam kehidupan modern saat ini,” ujarnya.

Pameran “Living in Heritage” dibuka langsung oleh Gibran dengan mengecap batik, dan dilanjutkan penyerahan jaket hasil kolaborasi Danar Hadi dan brand fashion lokal Rown DVSN. Pameran itu menampilkan koleksi ekslusif karya maestro batik Indonesia, Santosa Doellah. [PemkotSurakarta]

READ  Pemkab Toba Akan Melarang Acara Pesta untuk Antisipasi Covid-19

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*