Wapres Canangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

Wapres

Jakarta, Citynews.idWapres mencanangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis, dan mengajak masyarakat untuk mendukung sebagai sebuah membangun kesadaran bersama

Osteoporosis perlu diwaspadai karena menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 50 persen kejadian patah tulang bermula dari osteoporosis yang dapat berujung dengan cacat seumur hidup hingga kematian. Peluang kejadian osteoporosis, baik pada wanita, kalangan lanjut usia, ataupun usia muda, juga semakin meningkat dalam masa pandemi COVID-19 ketika masyarakat lebih banyak beraktivitas secara daring.

Untuk itu, Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis yang diinisiasi Persatuan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) kian penting untuk dicanangkan dan didukung oleh seluruh masyarakat, sebagai upaya membangun kesadaran bersama akan pentingnya kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

Baca Juga: Berantas Pinjol Ilegal, Polda Gorontalo Buka Posko Pengaduan

“Saya mengapresiasi dan mendukung penuh pencanangan Gerakan Melawan Osteoporosis yang diharapkan menjadi momentum bersama membangun kesadaran masyarakat untuk berani melawan osteoporosis,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat mencanangkan secara virtual Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis, dari Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Sabtu (23/10/2021).

“Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis ini menjadi penting untuk memperoleh dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, karena gerakan ini tidak saja bertujuan mengobati, tetapi yang lebih penting melakukan pencegahan,” imbuh Wapres.

Upaya pencegahan tersebut tak lain adalah pola hidup sehat, seperti dengan rutin berolahraga, menjaga asupan nutrisi seimbang, dan melakukan deteksi dini.

“Meskipun kita masih dalam situasi pandemi, gaya hidup sehat dan aktif harus terus dilakukan dan menjadi budaya,” pesannya.

Aktifitas Fisik Tetap Harus Dilakukan

Aktivitas fisik tersebut diharapkan juga akan menambah imunitas tubuh secara lahir dan batin dalam menangkal penyakit.

READ  Penyokong KLB Terus Berulah, BMI Pasang Badan Hadapi Pemecah Belah Partai Demokrat

“Banyak manfaat yang akan kita rasakan jika kita aktif bergerak maka kita akan sehat secara fisik dan mental, dan tentunya meningkatkan kualitas hidup serta mengurangi risiko terkena penyakit tidak menular,” tutur Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres berharap gerakan yang dicanangkan menjadi ikhtiar bersama untuk menghindarkan masyarakat dari osteoporosis.

“Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridhoi semua ikhtiar yang kita lakukan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Perwatusi Anita A. Hutagalung merasa bangga dengan antusiasme dan dukungan luas masyarakat dalam peringatan Hari Osteoporosis Nasional 2021. Oleh karena itu, Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis diyakini mampu menjadi langkah fundamental dalam melakukan pencegahan osteoporosis secara dini demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan produktif.

“Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis yang akan dicanangkan hari ini oleh Bapak Dr. Ma’ruf Amin menjadi langkah fundamental dan strategis bagi upaya penanganan osteoporosis dengan terus melakukan berbagai terobosan untuk selalu hadir di tengah masyarakat, menyuarakan betapa pentingnya hal ini dilakukan sejak dini,” ucap Anita.

Baca Juga: Gubernur Ganjar Matangkan Rencana Penggunaan Bus Listrik untuk Transportasi Umum

“sehingga Indonesia di masa depan akan memiliki masyarakat yang bertulang kuat, badan sehat, dan produktif dalam jangka waktu yang panjang,” sambungnya.

Sebagai informasi, kegiatan berlangsung secara hybrid (perpaduan luring dan daring) dari Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta serta diikuti lebih dari 3.000 jajaran Perwatusi dan kelompok senam yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Staf Khusus Wapres Bambang Widianto dan Masykuri Abdillah, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. [Setwapres]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Website Protected by Spam Master